Home > .NET > Mengenal OOP

Mengenal OOP

OOP…istilah ini mungkin tidak asing lagi kita dengar atau kita baca di berbagai buku, majalah, atau artikel-artikel di internet. Sebenarnya apa sih OOP itu?

Waktu kita kuliah mungkin pernah mempelajari Pascal. Pascal saat itu merupakan salah satu bahasa pemrogramman yang sifatnya struktural / prosedural, artinya kode yang kita ketikkan akan di eksekusi dari top line code sampai bottom line…
Berbeda halnya dengan konsep pemrogramman yang berorientasikan objek (OOP) yang bersifat modular. Di dalam OOP sebuah aplikasi kita pandang sebagai sebuah objek yang dibuat dari elemen-elemen atau modul-modul yang dikelompokkan berdasarkan fungsinya masing-masing.
Kalau dilihat dari sisi programming maka modul-modul tersebut diimplementasikan ke dalam beberapa Class. Didalam class tersebut terdapat fungsi-fungsi yang berhubungan dengan “tema” class yang dibuat. Misalnya class Pegawai, maka didalam class itu mungkin saja kita menambahkan fungsi / method / properti Nomor induk karyawan, Nama karyawan, Basic salary, dsb…
Salah satu keuntungan dengan pemrogramman modular tersebut yaitu sifatnya reusable, extensible, manageable.
Reusable artinya code yang diimplementasikan didalam class dapat digunakan kembali di aplikasi atau program lainnya.
Extensible artinya code yang sudah dibuat dapat kita rubah lagi implementasi fungsi-fungsinya sesuai dengan yang kita inginkan.
Manageable artinya code yang sudah dibuat lebih mudah untuk di maintain / manage. Misalnya kalau ada perubahan-perubahan business process maka yang perlu kita lakukan hanyalah merubah code yang terdapat didalam class tersebut saja, tanpa harus membongkar semua code aplikasi yang sudah dibuat. Mungkin kita bisa asosiasikan dengan Mobil, misalnya kalau ada spare part mobil yang rusak, maka kita tinggal ganti spare part tsb saja tanpa harus beli mobil baru lagi kan kecuali kita punya banyak uang berlebih…ha..ha..ha..
Ok…Sekian dulu…Untuk artikel berikutnya saya akan membicarakan OOP dari segi programmingnya…So stay tuned, ok?

Categories: .NET
  1. November 14, 2008 at 5:00 pm

    iya-iya baru ngerti saya.

  2. November 16, 2008 at 11:19 am

    Hehehe.. gitu ya…
    saya pokir out of procdur

  3. ataherster
    November 16, 2008 at 12:27 pm

    ah mas beben ini bisa aja 🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a comment